Ultah ke-76, PMI Ponorogo Gelar Berbagai Kegiatan Sosial

Selama dua tahun Hari jadi Palang Merah Indonesia (PMI) dirayakan dalam kondisi pandemi Covid-19, namun semangat memeriahkan diubah menjadi semangat menggalang pemulihan bangsa Indonesia. Di hari jadi ke-76 ini pada 17 September 2021, PMI menyemarakan dengan tema bergerak bersama untuk sesama, mengajak seluruh komponen masyarakat untuk meningkatkan pelayanan kemanusiaan.


Sementara PMI Ponorogo memperingati dengan berbagai kegiatan sosial, seperti edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pembuatan disinfektan ramah lingkungan, pembagian paket sembako,  sarasehan, pemberian penghargaan kepada donor darah sukarela dan kelompok penggerak pendonor, serta vaksinasi Covid19 secara masal

Ketua Pengurus PMI Ponorogo, Luhur Karsanto mengatakan, untuk sosialisasi PHBS sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu melibatkan para relawan sebagai agenda pembuka rangkaian HUT PMI ke 76. Mereka terjun langsung ke Jl. HOS Cokroaminoto untuk mengedukasi langsung pentingnya hidup bersih dan sehat, selalu taat prokes dan menjaga kebersihan lingkungan agar bebas dari sampah.

Lanjutnya, kegiatan lain adalah pembuatan disinfektan yang ramah lingkungan dimana bahan-bahan diambilkan dari organik. Namun saat ini masih dalam tahap proses pembuatan yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat.

Aksi sosialnya adalah pembagian paket sembako untuk wilayah perkotaan. Jumlahnya sesuai dengan usia PMI, yakni sekitar 76 paket. Pihaknya juga mengadakan sarasehan dengan mengundang para relawan dengan tujuan revitalisasi dan reaktualisasi peran PMI selama ini.

Sementara dalam membantu percepatan penanganan covid 19 di Ponorogo, pihaknya akan menggelar vaksinasi covid 19 di gedung PMI dr sutomo, pada 18 September 2021.