Akhir Agustus 2600 Ibu Hamil Disasar Vaksin Covid-19

Karena masuk kelompok yang beresiko tertular Covid-19, Dinas Kesehatan akhirnya memprioritaskan ibu hamil untuk segera divaksinasi. Sesuai rencana, akhir bulan Agustus ini sekitar 2600 ibu hamil dengan usia kandungan lebih dari 13 minggu akan divaksin.


lis Suwarni, Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat Dinas Kesehatan mengatakan, Selasa (31/8/21) ribuan ibu hamil di Ponorogo akan divaksin serentak di Puskesmas masing-masing wilayah. Untuk sementara data ibu hamil dengan usia kandungan 13 minggu hingga 33 minggu, ada 2600 orang. Hanya saja dalam pelaksanaannya nanti, bisa berkurang bisa saja bertambah. Berkurang karena akan ada screening kesehatan sebelum dilakukan vaksin, dan bisa jadi bertambah, karena ada intruksi diatas kehamilan 33 minggu, ternyata masuk pendataan untuk bisa memperoleh vaksin.

Lebih lanjut dijelaskan jika ibu hamil menjadi prioritas vaksinasi mengingat rawan terinfeksi corona. Data yang ada, dari 28 ibu hamil yang meninggal dunia, 25 orang diantaranya karena Covid-19. Jumlah tersebut tergolong tinggi sehingga harus diwaspadai. Dengan divaksin, diharapkan bisa menambah kekebalan imun tubuh sehingga angka kematian dapat ditekan. (rl/ab)