Capaian Vaksinasi Jadi Indikator Penurunan Level PPKM, Pemkab Ponorogo Kerja Keras Capai Target

Pemkab Ponorogo harus kerja keras untuk bisa menurunkan level PPKM dari 3 menjadi 2. Hal ini setelah pusat mengisyaratkan penetapan level berdasarkan capaian vaksinasi. Pasalnya dari target 700 ribu, capaian vaksinasi dosis pertama masih 30 persen, belum lagi vaksinasi khusus lansia masih 10 persen dari capaian.


Sekda Agus Pramono mengungkapkan dari hasil rapat dengan pemerintah pusat senin malam, ada indikasi baru untuk penetapan Level PPKM yakni capaian vaksinasi minimal 50 persen dosis pertama dari seluruh sasaran dan 40 persen dosis pertama khusus untuk lansia. Pemerintah pusat memberi kelonggaran waktu 2 minggu sebelum indikator baru tersebut diterapkan.  Sehingga Pemkab Ponorogo bisa lebih giat lagi meningkatkan capaian  vaksinasi. Selain juga tetap berusaha menurunkan kasus aktif dan juga angka kematian akibat Covid 19.

Agus Pram menambahkan, yang menjadi kendala masih terkait ketersediaan vaksin terbatas. Stock saat ini hanya tersedia 19 ribu dosis vaksin. Pihaknya akan kembali berkomunikasi dengan Pemerintah Provinsi, Polres dan Kodim bahkan anggota DPR RI untuk memperoleh tambahan jatah vaksin.