MPLS Tingkat SMA / SMK Dimulai Hari Senin Secara Daring

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) siswa baru tingkat SMA dan SMK sudah dimulai hari ini, Senin 13 Juli .  Dalam masa PPKM mikro darurat ini pembelajaran tatap muka (PTM) juga belum diperbolehkan.  Sehingga tahun ini MPLS SMA dan SMK harus dilaksanakan secara online atau Daring (dalam jaringan) lantaran Pandemi Covid-19 belum mereda.


Nurhadi Danuri Kepala cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Ponorogo-Magetan mengatakan Semua dilaksanakan secara Daring.  Program MPLS-nya tergantung program masing-masing sekolah sesuai contoh dari Dindik Provinsi Jawa Timur. Saat MPLS secara Daring ini, Nurhadi mengatakan tujuan utamanya tetap pembentukan pendidikan karakter siswa.

Pelaksanaannya MPLS sendiri dilakukan selama 4 hari ditambah kegiatan OSIS.  Jadi pengembangannya tergantung masing-masing sekolah.  Masih kata Nurhadi, kegiatan Pelaksanaan MPLS untuk siswa kelas X ini bersamaan dengan hari pertama tahun ajaran baru 2021-2022 untuk kelas XI-XII.  Jika gurunya mencukupi maka MPLS dilakukan bersamaan dengan pembelajaran kelas XI-XII. Namun jika gurunya tidak cukup, maka selama 4 hari MPLS dulu setelah itu selesai baru pembelajarannya dimulai. Nurhadi mengungkapkan MPLS ini wajib diikuti oleh semua siswa termasuk yang berada di pedesaan karena menurutnya saat ini semua daerah sudah terjangkau internet.