Jelajah

Pohon Preh Berusia 43 Tahun di Kolam Renang Tirto Menggolo Roboh

Pohon preh usia puluhan tahun di kolam renang Tirto Menggolo roboh pada Senin pagi (16/10). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu namun genteng atap kantor kolam renang sepanjang 3 meter rontok tertimpa dahan.

“Usianya ini kan sudah 43 tahun, jadi mulai dibangun kolam renang tahun 80-an,” kata Judha Slamet Sarwo Edi, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, (Disbudparpora).

Pohon besar dengan tinggi 10 meter itu, ditanam saat kolam renang dibangun tahun 1980. Mungkin karena sudah tua, kondisinya lapuk sehingga akhirnya roboh. Apalagi setelah dicek ternyata akarnya tidak kuat menopang besarnya pohon.

“Hikmahnya, dengan adanya roboh ini, (artinya) pohonnya sudah roboh duluan tidak ada korban apa-apa kecuali genting-genting yang kena dahan-dahannya,” imbuhnya. 

Lebih lanjut dijelaskan, pihaknya menerima laporan sekitar jam 07.00 WIB pagi saat kolam renang tersebut masih tutup. Akhirnya diturunkan petugas untuk melakukan evakuasi dan pemotongan. Kedepan rencananya akan diganti pohon baru dengan akar yang kuat. (rl/ab)