Cabe Rawit Anjlok Cabe Merah Besar Terkerek Naik

Untuk pecinta masakan pedas, hari-hari ini boleh lega. Pasalnya harga cabe rawit, sejak seminggu terakhir anjlok. Informasi yang diterima Gema Surya dari Munif, pedagang di Pasar Sumoroto, harganya hingga Rabu (31/03/2021) pagi sekitar Rp. 60 ribu per kilogram di tingkat pengecer. 


Harga tersebut turun dari minggu lalu yang mencapai Rp. 135 ribu per kilogramnya, di mana setiap harinya mengalami penurunan sekitar Rp. 10 ribu per kilogramnya. Lebih lanjut Munif mengatakan anjloknya cabe rawit karena panen raya.

Untuk stok lokal Ponorogo saja melimpah belum lagi dari luar daerah sehingga diprediksi akan terus turun di angka Rp. 30 ribu per kilogram. Dengan anjloknya harga lombok daya beli konsumen meningkat. Sudah banyak pembelian dalam jumlah besar.

Pedagang sendiri merasa diuntungkan dengan turunnya harga cabe karena pembeli mulai normal kembali sementara harga cabe merah justru mengalami peningkatan. Harganya sudah tembus Rp. 50 ribu per kilogramnya.

Sementara untuk semua jenis sayuran, di pasar Sumoroto hingga Rabu (31/03/2021) pagi, mayoritas harganya juga turun. Seperti kacang panjang, timun, gambas, hingga buncis. (rl)