Sujud Syukur 100 Tahun Gontor Akan di Hadari Tokoh Agama Dan Pejabat Pemerintah

Sujud Syukur sebagai awal Rangkaian kegiatan 100 tahun Gontor akan digelar Rabu (27/09) dilaksanakan di masjid Jami’ Gontor dan juga di seluruh kampus putra UNIDA Gontor serta seluruh Pondok alumni. Choirul Umam Ketua Umum peringatan 100 tahun Gontor sesuai press release Ahad (24/09) mengatakan, Sejak kesyukuran 50 tahun Gontor acara peringatan dan kesyukuran Gontor selalu diawali dengan sujud syukur.


Menurut Choirul sujud syukur ini menandai 100 tahun hijriyah berdirinya Gontor, rangkaian kegiatan berfokus pada terciptanya karya monumental yang dapat diwariskan pada generasi berikutnya, sedangkan Peringatan puncak 100 Tahun Gontor akan dirayakan pada 2026 mendatang. 

Tamu undangan yang akan hadir dalam sujud syukur nanti diantaranya dari tokoh agama hingga Pemerintah, sementara di kampus Gontor Putri sujud syukur akan dilaksanakan Kamis (28/09) dan dijadwalkan dihadiri oleh Gubernur Jatim.

Sekedar informasi Senin, 25 September 2023, Jam’iyyatul Huffazh Gontor akan melaksanakan sema’an Al-Qur’an 30 juz di Masjid jami’ hingga Selasa siang (26/09), kemudian dilanjutkan dengan khataman yang diikuti oleh seluruh santri. Santri akan dibimbing langsung oleh wali kelas masing-masing dan setiap kelas mengkhatamkan Al-Qur’an satu kali.

Salah satu rangkaian kegiatan sujud syukur terdapat seremoni awal penulisan mushaf Gontor oleh Al-Ustadz Muhammad Nur, Lc., M.H., dengan simbolis penulisan lafadz “basmallah” oleh Sheikh Belaid Hamidi. Targetnya penulisan Mushaf ini akan diselesaikan sebelum puncak peringatan 100 tahun Pondok.