HeadlineJelajah

Di Ponorogo, Sudah Banyak Pasien Covid 19, Yang Diberikan Terapi Plasma Konvalesen

Setahun pandemi Covid-19 berlangsung, jumlah terinfeksi virus corona terus bertambah setiap hari. Meski banyak pasien Covid-19 sembuh, tapi sejauh ini belum ada obat khusus untuk mengobati orang yang terinfeksi virus corona. Salah satu metode pengobatan yang efektif adalah dengan terapi dari donor darah plasma konvalesen. Di Ponorogo sendiri ternyata sejumlah dokter rumah sakit sudah menggunakan terapi plasma konvalesen untuk pasiennya. Salah satunya di RSUD dr. Harjono Ponorogo.

Sejak awal Januari 2021, sudah ada 4 permintaan kantong darah plasma konvalesen. Dokter Dani Farida, Sp PK, specialis patologi klinik Rsud dr. Harjono Ponorogo mengatakan, jika dihitung permintaan cukup banyak namun ketersediaan stok darah plasma konvalesen terbatas. Ini karena tidak semua UTD PMI, bisa melakukan donor darah plasma konvaselen. Sehingga  jika ada pasien corona di Ponorogo yang ingin mendapatkannya harus dengan rujukan  dokter yang merawatnya, bisa mengambil di Sidoarjo, Surabaya , Malang atau Surakarta.

Lebih lanjut dijelaskan, Plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh, dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi.  Jadi, donor darah plasma konvalesen adalah donor darah dari penyintas Covid-19 untuk membantu pasien lain yang belum sembuh dari corona. terapi plasma konvalesen berpijak pada pemahaman bahwa seorang penyintas infeksi, setelah sembuh akan membentuk antibodi dalam tubuhnya.