Jelajah

Peserta Minim, Lomba Karawitan Umum Diundur Bulan Depan

Warga sempat dibuat kecele dengan diundurnya jadwal lomba karawitan  umum  yang sedianya digelar di padepokan Reyog tanggal 18-19 Juli 2022. Dengan rasa kecewa mereka balik kucing karena ternyata gedung yang berada di dinas kebudayaan pariwisata pemuda dan olahraga Disbudparpora itu kosong melompong.

Ironisnya, pihak panitia tidak memasang pengumuman jika jadwalnya diundur hingga akhirnya banyak yang bertanya ke call center radio gema surya.  Sugeng, Kasi seni Budaya Disbudparpora saat dikonfirmasi membenarkan adanya pengunduran jadwal lomba karawitan untuk umum.

Hasil konfirmasinya ke pihak penyelenggara yakni Persatuan Pedalangan Indonesia ( Pepadi ), acara akan digelar pada bulan Agustus tanggal 8 hingga 9, setelah lomba karawitan untuk pelajar bertempat di Pendopo Agung.

Pengunduran lomba karawitan untuk umum karena pasca dibuka pendaftaran, jumlah pesertanya sangat minim. Mereka beralasan waktu yang mepet sehingga belum siap.

Pihak panitia sendiri juga awalnya ragu ragu apakah menyelenggarakan lomba karawitan untuk umum atau tidak. Kalau lomba karawitan pelajar, sudah dipastikan tetap terselenggara setiap event Grebeg Suro karena sekolah-sekolah selalu siap.