Mulai 31 Desember, Semua Destinasi Wisata di Ponorogo Ditutup

Satgas penanganan Covid-19 Ponorogo akhirnya menutup semua destinasi wisata yang berada di Kota Reyog. Bupati Ipong Muchlissoni  mengatakan kebijakan tersebut menurutnya tepat, mengingat kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. Sementara penerapan protokol kesehatan belum sepenuhnya dilakukan masyarakat.


Karenanya, berdasarkan rapat dengan Satgas Penanganan Covid-19 Selasa (29/12) sore memutuskan seluruh destinasi wisata ditutup mulai tanggal 31 Desember hingga hari minggu tanggal 3 Januari 2021, salah satunya wisata Telaga Ngebel.

Lanjut bupati, seluruh Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka), diminta untuk bertanggung jawab dan mengawasi destinasi wisata yang sudah tutup. Kalaupun ada pengelola destinasi wisata nekat buka konsekuensinya harus bisa mengendalikan jumlah pengunjung yakni 30 persen dari kapasitas. Itu pun harus diwujudkan hitam putih atau surat pernyataan bermaterai.

Jika tidak bisa mengendalikan pengunjung maka konsekuensi akan masuk ranah hukum. Masih kata orang nomor satu di Pemkab tersebut, cafe, angkringan, warung makan, dan restoran tetap buka sampai dengan pukul 21.00 WIB, apabila melanggar maka akan dilakukan Penutupan.

Untuk tempat hiburan malam tetap buka dan beroperasi akan dilakukan tes rapid antigen oleh petugas dari Dinkes kepada karyawan dan pengunjung dengan biaya rapid ditanggung oleh penyelenggara. (rl)