Stabilkan Harga Jelang Nataru, Dinas Perdakum Gelar Operasi Pasar

Mulai merangkaknya sejumlah kebutuhan bahan pokok jelang akhir tahun, langsung disikapi Dinas Perdakum Pemkab Ponorogo. OPD yang dipimpin Adin Andana Warih tersebut, berkoordinasi dengan Bulog untuk menggelar Operasi Pasar (OP). Ada 4 lokasi yang menjadi sasaran Operasi pasar yang berlangsung 20 – 28 Desember itu. Yakni, arena Car Free Day – CFD jalan Suromenggolo, Pasar Songgolangit, Pasar Balong dan terakhir pasar Sumoroto.


Totok Basuki, Kabid Perdagangan Dinas Perdakum menuturkan, digelarnya OP untuk menstabilkan harga dan juga menjamin ketersediaan barang. Untuk itu yang dijual dalam OP adalah beras, gula,  minyak goreng, tepung terigu, dan telur. Pasalnya komoditi tsb, rentan terhadap kenaikan mengingat kebutuhannya selalu meningkat jelang akhir tahun dan tahun baru. Soal harga, di bawah harga pasaran atau sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi-HET yang telah ditetapkan pemerintah.

Diakui jika OP kali ini waktunya lebih singkat dan hanya bisa menjangkau di 4 titik saja. Hal itu dikarenakan selain soal anggaran juga harga-harga terpantau masih terkendalI. Kalaupun ada kenaikan harga justru bukan bahan pokok melainkan sayuran.