Jelang Nataru, Operasi Lilin Semeru 2020 Mulai Dipersiapkan

Mendekati moment Nataru, sejumlah persiapan tengah dilakukan Pihak Kepolisian guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Salah satunya yakni mengadakan operasi Lilin Semeru yang terpusat di seluruh Indonesia mulai 21 Desember 2020 – 4 Januari 2021. Untuk Ponorogo, ratusan personel gabungan akan diterjunkan dan 3 pos pengamanan serta 1 pos pelayanan didirikan. Sedangkan operasi sendiri lebih mengedepankan pencegahan, namun tidak menutup kemungkinan tetap ada tindakan hukum.


Seperti dikatakan Kompol Basuki Nugoro, Kabag Ops Polres Ponorogo kepada Gema Surya. Pihaknya mengatakan jika operasi tersebut tujuan utamanya ada mengamankan moment Nataru serta pendisiplinan prokes Covid-19. Nantinya akan ada ratusan personel gabungan yang diterjunkan yakni Kepolisian 150 personel, TNI 50 personel, Satpol PP dan Dsihub masing-masing 20 personil. Seluruh personel nantinya akan dibagi beberapa pos dan titik-titik yang ada di Ponorogo. Contohnya tempat ibadah, tempat wisata dan juga jalan raya yang padat lalu lintas.

Selain itu, 1 Pos Pelayanan dan 3 pos pengamanan akan didirikan. Untuk Pos Pelayanan berada di kawasan Aloon-Aloon Ponorogo. Di Pos tersebut nantinya akan disediakan juga tenaga Kesehatan selain dari personil gabungan. Sementara 3 Pos Pengamanan, titik pertama berada di kawasan Sooko, titik kedua di kawasan Jl Gajah Mada dan titik ketiga di kawasan wisata Telaga Ngebel. Pos Pengamanan ditempatkan di titik rentan kerumunan warga dengan tujuan mengawasi secara ketat warga agar tetap patuh prokes kesehatan covid 19. Sehingga meski adanya moment nataru ini harapannya tidak terjadi cluster baru covid 19.

Terkait tindakan hukum, lanjut Kompol Basuki, dalam operasi ini lebih mengedepankan pencegahan. Contohnya misal pelanggaran lalu lintas, akan dicatat terlebih dahulu namun jika diulangi lagi tetap dikenai sanksi tilang.