Tanah Tergerus Sungai Sekayu, 2 Rumah Terancam Hilang

Hujan deras datang selalu membuat cemas Wiji dan Sunarti warga RT 01 RW 01 Dukuh Sekayu Desa Gandu Kepuh Sukorejo Ponorogo. Bagaimana tidak, sejak beberapa tahun terakhir, tanah yang mereka tempati luasnya selalu berkurang karena hanyut tergerus aliran sungai sekayu. Bahkan luapan air yang terjadi kemarin akibat hujan deras, telah menggerus tanah mereka sepanjang 3 meter. Jika tidak segera tertangani, 2 rumah tersebut, bisa saja hilang.


AKP Beny Hartono, Kapolsek Sukorejo kepada Gema Surya membenarkan ada 2 rumah warga yang tanahnya tergerus. Pihaknya sudah melakukan pengecekan ke lokasi dan berharap kepada pemilik rumah dan anggota keluarganya mengungsi dulu ke tempat aman jika hujan deras dan sungai meluap.

Untuk penanganan lebih lanjut, pihaknya sudah menyampaikan kondisi tersebut ke Kepala Desa agar bisa diteruskan ke pihak-pihak terkait. Namun yang pasti, Sungai Sekayu masuk daerah aliran sungai DAS Bengawan Solo, sehingga bukan menjadi tanggung jawab Pemkab Ponorogo. Kasus tersebut sama dengan yang ada di Desa Sragi dimana ada beberapa rumah yang terdampak aliran sungai. Namun sekarang bisa dicegah dengan gerakan penghijauan di sekitar aliran sungai.