Tingkatkan Partisipasi Pemilih KPU Sasar Warga Binaan Untuk Sosialisasi Pilkada

Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo gencar melakukan sosialisasi, salah satu yang menjadi sasaran sosialisasi adalah para penghuni Rutan Kelas IIB Ponorogo. Ahmad Fauzi Huda Divisi Parmas Sosdiklih dan SDM KPUD Ponorogo mengatakan di dalam Rutan terdapat 115 pemilih yang sudah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).


Jika nantinya ada tambahan napi yang masuk ke Rutan Kelas II, tetap bisa menggunakan hak pilihnya namun harus mengurus pemindahan TPS paling lambat H-3 sebelum pemungutan suara 9 Desember nanti. Lanjut Ahmad Pemilih di Rutan merupakan salah satu segmen yang harus mendapat sosialisasi terkait Pilkada Ponorogo 2020, tidak menutup kemungkinan juga, bagi petugas yang melaksanakan tugas di hari H bisa pindah pilih ke TPS tersebut sehingga hak pilihnya juga terfasilitasi.

Sementara itu Sucipto Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Rutan Kelas IIB Ponorogo mengatakan pihaknya telah menyiapkan sarana dan prasarana agar pelaksanaan pemungutan suara berjalan lancar, nantinya Ada 7 pegawai yang jadi anggota KPPS, 2 orang menjaga ketertiban, dan 1 orang sebagai pengawas. Selain itu Lapas Kelas IIB Ponorogo juga akan berkoordinasi dengan TNI/Polri untuk membantu pengamanan pemungutan suara tersebut, pihaknya memastikan pemungutan suara di rutan tetap protokol kesehatan covid-19.