Dihantam Isu Penutupan Telaga Ngebel Ramai Pengunjung

Meski dihantam isu penutupan, namun jumlah pengunjung di wisata telaga Ngebel mulai mengalami kenaikan saat libur panjang kali ini. Salah satu indikasinya bisa dilihat dari jumlah pengunjung yang menaiki perahu wisata yang disediakan oleh para pengelola wisata perahu. 


Seperti dikatakan Syaiful, salah satu pemilik perahu wisata kepada jelajah pagi RGS FM. Bila hari-hari biasa, perahu miliknya paling banter hanya melayani 3-4 putaran telaga, maka mulai Rabu (23/12), sehari bisa melayani 7-8 kali putaran.

Kondisi ini patut disyukuri di tengah isu penutupan telaga Ngebel yang ramai di media sosial. Banyak masyarakat yang sudah menanyakan soal kebenaran berita tersebut, tidak hanya warga lokal Ponorogo namun juga wisatawan dari luar daerah.

Dirinya juga tidak mengetahui siapa pihak-pihak yang menghembuskan isu tersebut yang kalau tidak segera diluruskan akan berdampak serius kepada sektor wisata di Ngebel. Sehingga dirinya meminta kepada teman-temannya sesama pelaku wisata untuk menyikapi berita bohong tersebut.

Ditambahkan oleh Syaiful, walaupun mungkin tidak akan seramai seperti sebelum ada pandemi Covid-19, jumlah pengunjung diperkirakan akan terus mengalami peningkatan hingga menjelang tahun baru nanti terutama wisatawan dari luar daerah, karena banyak tempat-tempat wisata yang ditutup sebagai imbas dari penyebaran corona belakangan ini.

Mereka mengalihkan tujuan wisatanya ke Ngebel. Sebagai bentuk antisipasi, para pemilik perahu juga ikut menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti menyediakan hand sanitizer, tempat cuci air. (ik)