Jelajah

Lakalantas Meningkat, Polres Gencar Lakukan Razia Kendaraan di Jalan Raya

Polres Ponorogo terus melakukan evaluasi terkait meningkatnya kasus kecelakaan lalu lintas di jalan raya dalam beberapa pekan terakhir.

Selain berkoordinasi dengan Pemkab mengenai sarana dan prasarana jalan maupun rambu-rambu lalu lintas, polisi juga mulai gencar melakukan razia kendaraan.

Ipda Partono, Kanit Kamsel Satlantas Polres Ponorogo, mengatakan bahwa evaluasi dilakukan untuk mengetahui penyebab lakalantas. Apakah karena faktor jalan, human error, cuaca, minimnya rambu-rambu lalu lintas, atau adanya pelanggaran.

Pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para pelajar sekolah maupun kelompok masyarakat. Setelah upaya preemtif dan preventif tidak membuahkan hasil, baru dilakukan tindakan seperti tilang kendaraan.

Tilang dikeluarkan jika pengendara melakukan pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas seperti melawan arus, tidak memakai helm, berkendara sambil bermain HP, hingga berkendara dalam pengaruh minuman beralkohol.

Data di Radio Gema Surya menunjukkan, hampir setiap hari terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Bahkan dalam sehari ada dua nyawa manusia melayang di jalan raya karena lakalantas di beberapa titik. (rl/ab)