Jelajah

Cuaca Panas Berpotensi Timbulkan Gatal Gatal, STOP Untuk Menggaruk Kulit

Sejak beberapa hari terakhir banyak warga Ponorogo yang mengeluhkan gatal-gatal disekujur tubuhnya, bahkan sejumlah toko obat dan apotik juga menyampaikan adanya kenaikan permintaan obat gatal. Menanggapi hal tersebut dokter RSU Muhammadiyah Ponorogo Lisma menjelaskan, ada beberapa kemungkinan penyebab gatal gatal pada seseorang.

Rasa gatal bisa karena alergi makanan, cuaca, atau gangguan kesehatan lainnya. Namun jika melihat saat ini cuaca cukup panas maka diperkirakan menjadi faktor pemicunya. 

“Penyebab gatal pasti banyak faktor ya mbak, bisa dari cuaca, karena cuacanya terlalu panas, atau terlalu dingin, lagu juga udara, apalagi sekarang musim panen, jadi mungkin banyak debu-debu, juga terpapar sinar matahari lama” terangnya kepada gema surya Ahad (21/04).

Cuaca panas atau dingin ,memang bisa menjadi kulit kering sehingga reaksinya gatal-gatal, yang perlu dilakukan adalah menjaga kelembaban tubuh dengan minum banyak air dan jika perlu memberikan double proteksi bisa sunscreen atau krim pelindung dari sinar matahari.

“Pencegahan lebih penting, seperti menjaga kelembaban kulit” tambahnya 

jika sudah terlanjur gatal gatal , ada baiknya tidak digaruk, karena jika digaruk akan semakin melukai kulit karena bukannya terhenti sakitnya juga akan semakin gatal. Pasien bisa konsultasi ke dokter jika gatal gatal tidak kunjung membaik meski sudah mengkonsumsi obat maupun sudah memberikan bedak atau salep khusus kulit.