HeadlineJelajah

Marak Pencurian, Polres Siap Tingkatkan Patroli Hingga ke Perkampungan Warga

Jelang Lebaran, aksi kriminalitas di Ponorogo cenderung naik. Karenanya, Sat Samapta Polres gencar melakukan patroli hingga ke perkampungan warga agar angka kriminalitas bisa ditekan. 

Ipda Tony Gerindra, Kanit Patroli Sat Samapta Polres Ponorogo, mengatakan bulan Ramadhan kegiatan ibadah warga di masjid meningkat, sehingga rumah sering ditinggalkan dalam keadaan kosong.

Kondisi itulah yang berpotensi menimbulkan aksi kriminalitas, dimana maling memiliki banyak kesempatan untuk menyasar rumah-rumah yang kosong. Apalagi jelang Lebaran, kebutuhan ekonomi juga meningkat sehingga nekat beraksi.

Lebih lanjut dikatakan, upaya lain yang dilakukan juga menempatkan beberapa petugas patroli pada saat umat Muslim melakukan shalat jamaah tarawih di masjid.

Warga juga diminta lebih berhati-hati jika ingin meninggalkan rumah, memastikan rumah dalam keadaan terkunci, dan apabila memiliki dana, bisa memasang CCTV. Selain itu, kepedulian tetangga, agar ikut mengawasi rumah kosong ditinggal pemiliknya.

Seperti diketahui, marak aksi pencurian di wilayah hukum Polres Ponorogo. Setelah uang kotak amal masjid dan mushola raib, di bulan puasa ini banyak rumah kosong yang ditinggalkan penghuni ke masjid dijarah pencuri.

Beberapa peristiwa yang dihimpun Gema Surya, pencurian itu terjadi di Joresan dan Gontor Mlarak, dimana uang puluhan juta raib, diesel traktor di Besuki Sambit, dan 4 sak gabah di Desa Ngampel juga hilang. (rl/ab)