Jelajah

Marak Fogging Mandiri, Dinkes Ingatkan Warga Hati-hati terhadap Resistensi

Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo memberikan peringatan kepada kelompok masyarakat yang melakukan fogging secara swadaya. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpin oleh Dyah Ayu Puspitaningarti ini tidak melarang, melainkan wajib hati-hati.

Seperti disampaikan Anik Setyarini, Kabid P2P Dinkes, harus ada pendampingan dari petugas kesehatan dalam melakukan fogging agar tepat sasaran.

Dengan adanya pendampingan, akan diketahui dosis obat yang akan disemprotkan dan teknik penyemprotannya. Jangan sampai nyamuk menjadi resisten, di mana kebal terhadap obat fogging. Jika sudah kebal, berapapun dosis yang diberikan tidak akan mengena lagi.

Selain itu, fogging juga berbahaya untuk kesehatan. Lebih lanjut dikatakan, pihaknya juga tidak serta merta meloloskan permintaan fogging dalam suatu wilayah. Perlu dilakukan penyelidikan epidemiologi di lokasi tersebut, yaitu kegiatan pelacakan penderita yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan atau petugas puskesmas, setelah menemukan kasus atau memperoleh informasi dari masyarakat dan rumah sakit mengenai adanya penderita DBD. (rl/ab)