Jelajah

Tahun 2024, Program Pekarangan Pangan Lestari Sasar Daerah Stunting

Program pekarangan pangan lestari – PPL dinas pertanian ketahanan pangan dan perikanan – Dipertahankan Pemkab Ponorogo mulai menyasar daerah-daerah rawan stunting. Hanya saja mana saja daerah yang disasar masih dalam tahap pengusulan.

Yang jelas, menurut Tri Budi Widodo, kabid tanaman pangan dan hortikultura dinas pertanian, sudah ada 7 kelompok wanita tani РKWT yang siap diajukan untuk menangani program tersebut. 

Program pekarangan pangan lestari РP2L dalam upaya meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas dan pangan rumah tangga sesuai dengan kebutuhan pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman B2SA. Yang terpenting  berorientasi meningkatkan pendapatan rumah tangga.

Budidaya dilakukan dengan berbagai jenis tanaman melalui kebun bibit, demplot kelompok dan pekarangan anggota yang dilakukan di lahan tidur maupun pekarangan sekitar tempat tinggal dengan menggunakan polybag maupun barang yang tidak terpakai.

Karenanya, para ibu rumah tangga di daerah rawan stunting tetap bisa memenuhi gizi balitanya dengan penghasilan yang didapat dari jualan sayuran yang dihasilkan di pekarangan rumah. Selain itu juga memenuhi kebutuhan dapur mereka sendiri. Saat ini harga sayuran cukup tinggi baik cabe, kangkung, tomat, terong dan masih banyak lagi.