Jelajah

Musim Tanam Stok Pupuk Subsidi di Ponorogo Menipis

Ancaman bagi para petani terkait mulai menipisnya stok pupuk subsidi di Ponorogo. Berdasarkan data dari Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan, untuk urea tinggal 3.178 ton atau tinggal 10 persen saja.

Sedangkan untuk NPK sisa 1.658 ton atau 11 persen. Untuk pengajuan tambahan alokasi pupuk subsidi yang berjumlah 11 ribu ton ke Kementerian Pertanian hingga kini juga belum turun. Padahal petani membutuhkan gelontoran pupuk subsidi itu seiring memasuki masa tanam ketiga akhir tahun ini.

Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dispertahankan Ponorogo Muh. Tamar Mahara mengatakan, usulan tambahan kuota itu telah diajukan pertengahan tahun lalu. Baik itu pupuk subsidi jenis NPK maupun Urea.

Tidak menutup kemungkinan pemerintah pusat menghapus distribusi kuota tambahan pupuk subsidi ke daerah. Tamar bilang, berdasarkan informasi dari pupuk Indonesia pupuk subsidi tidak ada tambahan. Meskipun surat resminya belum turun.

Sementara itu, Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan instruksi kepada pemerintah daerah menyusun dan mengajukan elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) kebutuhan pupuk subsidi untuk tahun depan. (rl/ab)