HeadlineJelajah

Tak Berijin, 9 Jembatan Rumah Milik Warga Dibongkar DPU Provinsi Jatim

Dinas pekerjaan umum sumber daya air, provinsi Jawa timur, terpaksa membongkar 9 jembatan rumah milik warga berada di saluran air di RT 02 RW 02 dusun Tanaman Kauman Ponorogo Selasa 5 September 2023.

Dalam kegiatan tersebut juga dijaga Satpol PP, Polsek dan Koramil Somoroto. Pembongkaran dilakukan dengan menggunakan alat berat sempat menjadi perhatian masyarakat yang melintas.

Ruse Rante Pandeme Kabid PU SDA Provinsi Jatim mengatakan, pembongkaran dilakukan agar saluran air lancar. Pasalnya di wilayah tersebut sering terjadi banjir karena ada penyempitan saluran air bagian bawah. Sehingga perlu adanya normalisasi pada aliran air tersebut.

Pihaknya sudah memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar untuk melakukan pembongkaran. Sebenarnya pihaknya sudah mengeluarkan surat peringatan pertama hingga ketiga agar pemilik rumah membongkar jembatan yang dibuat itu secara mandiri.

Tapi karena tidak ada respon akhirnya, pihaknya turun tangan. Warga diberi kesempatan mengurus perijinan lagi jika ingin membangun dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Sementara itu Siswarni 67 tahun warga terdampak mengatakan hanya bisa pasrah melihat jembatan menuju rumahnya dan pagar rumah yang dibongkar. Pihaknya sebenarnya sudah mengurus ijin sejak 23 tahun lalu untuk membangun jembatan menuju ke rumahnya. 

Pihaknya meminta petugas tidak tebang pilih untuk melakukan pembongkaran jika alasannya banjir. Dirinya tidak tahu lagi, bagaimana cara memasukkan kendaraannya, karena jembatan itu akses satu-satunya.