Jelajah

Harga Kelapa Naik Dua Kali Lipat, Konsumen Beralih Santan Instan

Harga kelapa naik dua kali lipat dalam beberapa hari terakhir. Informasi yang dihimpun Gema Surya FM, harga buah pohon nyiur itu tiba-tiba naik tanpa sebab. 

“Untuk harga yang ada di Pasar Legi, agak sedikit naik, yang naik itu kelapa. Untuk beberapa hari ini dari tempat saya itu, untuk harga santan cair itu laku keras biasanya kelapa naik. Ternyata memang naik. Sekitar 8 hingga 9 ribu per butir,” kata Didin salah satu penjual di Pasar Legi ketika dihubungi RGS FM. 

Didin bilang harga itu naik dari sebelumnya yang hanya Rp 4 ribu hingga Rp 5 ribu per butir. Akibatnya banyak konsumen yang akhirnya pilih membeli santan instan.

Penjualan santan instan naik dari sebelumnya. Awalnya dirinya tak mengetahui mengapa banyak konsumen beli santan instan untuk memasak.

Ternyata setelah ditelusuri harga kelapa mahal. Jika santan instan hanya Rp 1500 hingga Rp 3 ribu per bungkusnya.

“Mungkin dinilai lebih murah dan praktis, sementara rasanya nyaris sama dengan santan murni dari kelapa asli,” imbuhnya. 

Pantauan lain, selain kelapa, infonya harga yang bikin pusing pembeli adalah kopi. Setiap hari harga biji kopi naik dari Rp 2 ribu hingga Rp 5 ribu per kgnya. (rl/ab)