Ini Penjelasan BPBD Musim Kemarau tapi Masih Hujan

Anomali cuaca terjadi di beberapa provinsi di Jawa Timur, termasuk Kabupaten Ponorogo. Meski telah memasuki musim kemarau, beberapa wilayah tersebut justru nyaris diguyur hujan setiap hari.


“Ini ada semacam fenomena anomali suhu muka laut pasifik, El Nino dan La Nina. Kemudian dipengaruhi juga anomali suhu muka laut samudra hindia. Jadi memang musim kemaraunya memang sudah masuk di musim kemarau. Tetapi cuaca memang masih ada anomali terutama di Ponorogo,” kata Surono Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo.

Di Ponorogo wilayah yang terdampak dan akan sering diguyur hujan yakni yang berdekatan dengan pantai seperti Pacitan dan Trenggalek. Tak heran jika di beberapa wilayah selatan seperti Ngrayun dan Sawoo sejak sepekan terakhir setiap hari diguyur hujan.

Namun demikian intensitasnya tidak deras atau hanya hujan ringan saja. Kondisi tersebut tidak berpotensi menimbulkan bencana alam seperti longsor, banjir maupun tanah gerak.

Perkiraan BMKG sudah tidak ada hujan lagi pada pertengahan Agustus dan September nanti yang biasanya merupakan puncak musim kemarau. (rl/ab)