Jelajah

Bupati Kecewa, Ponorogo Tidak Terpilih Masuk Jejaring Kota Kreatif Dunia

Pupus sudah harapan kabupaten Ponorogo untuk menjadi jejaring kota kreatif dunia. Pasalnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf ) tidak mengusulkan Ponorogo menjadi salah satu jejaring Unesco Creative Cities Network (UCCN) tahun 2023. 

Hal ini terungkap dalam pengumuman pengusulan dua kategori kota-kabupaten untuk masuk jejaring UCCN, yang dilakukan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Men-Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno secara daring, Senin sore 5 Juni 2023.

Dalam pengumuman tersebut Kota Solo sebagai City Of Craft and Folk Arts serta Depok sebagai City of Media Arts, yang selanjutnya diusulkan menjadi jejaring UCCN dan akan menjalani sidang di Istanbul Turki pada 2024 mendatang.

Menanggapi hal itu, Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo mengaku kecewa, kendati demikian pihaknya harus tetap dewasa menyikapi hasil keputusan itu. Sugiri mengatakan, kendati Ponorogo dan Reog baik dalam pengusulan Incredible Cultural Heritage (ICH) pada 2022, dan UCCN pada 2023 tidak masuk kategori namun dirinya meminta hal itu tidak membuat semangat pelaku seni Reog dan Ekonomi Kreatif di Ponorogo putus asa.

Bahkan sebaliknya, hasil ini dijadikan untuk memotivasi diri untuk berinovasi lebih kembali. Kang Giri pun tetap mengucapkan selamat kepada Surakarta dan Depok yang berhasil menjadi dua kota Indonesia yang diusulkan ke Unesco untuk masuk jejaring UCCN.