HeadlineJelajah

Dinilai Ganggu Saluran Irigasi, Pembangunan Pabrik Porang di Kertosari Diprotes

Puluhan petani di Kelurahan Kertosari dan Desa Babadan ngluruk pabrik porang milik Lukman Hakim di Jalan Industri Kertosari babadan, Rabu 10 Mei 2023. Aksi warga ini dipicu tertutupnya saluran irigasi sawah warga sejauh 49 meter karena aktivitas pembangunan pabrik PT. JKI milik warga Nganjuk tersebut. 

Darussalam Koordinator aksi mengatakan aliran air irigasi sawah di 5 desa terganggu sehingga pihaknya menuntut pelebaran saluran irigasi yang saat ini tinggal 30 centimeter. Karena irigasi sawah tersebut satu-satunya untuk mengairi lahan di 5 desa. 

Darussalam yang juga ketua Kelompok Tani Kerto Makmur ini mengungkapkan, tak hanya persoalan saluran irigasi yang tertutup. Warga juga menuntut agar aktivitas produksi di pabrik yang baru berdiri 3 bulan itu diberi batasan.

Pasalnya, akibat aktifitas mesin pabrik menimbulkan kebisingan lantaran beroperasi 24 jam. Warga Desa Babadan yang punya permukiman dekat dengan pabrik mengaku terganggu. Padahal pihaknya sudah mengingatkan 5 kali tapi tidak pernah diindahkan. Pihaknya mendesak pihak pabrik untuk melengkapi seluruh tuntutan warga dan petani terlebih dahulu, sebelum benar-benar beroperasi.

Sementara itu, pemilik pabrik PT JKI Lukman Hakim mengakui kesalahannya tidak segera melakukan sosialisasi kepada petani dan warga atas berdirinya pabrik pengolahan Porang menjadi Kripik itu. Dirinya mengaku akan mengikuti tuntutan warga dan rekomendasi DPUPKP.

Misalnya membongkar sesuai ketentuan DPU-PKP, serta memasang peredam di mesin. Karena pembangunan pabrik belum selesai, masih dalam proses jadi semua masih berproses. Lebih lanjut Lukman mengungkapkan, pabrik miliknya itu hanya memproduksi keripik porang dengan sistem open, dan selanjutnya akan dikirim ke Surabaya.