HeadlineJelajah

Tanah Retak Di Nguncup Bekiring Pulung Ancam 11 Rumah Warga

Puluhan warga di RT 02 RW 02 dukuh Nguncup desa Bekiring Pulung Ponorogo resah dalam beberapa pekan terakhir karena tanah diwilayahnya gerak .  Akibatnya terjadi retakan retakan di jalan , di dinding maupun lantai rumah  .  Bahkan menurut kepala desa Bekiring , Agus Santoso , retakan tanah setiap hari semakin lebar dan sudah ada yang ambles dengan kedalaman 50 cm hingga satu meter .

Karenanya , pihaknya berkoordinasi dengan BPBD Ponorogo untuk mengecek ke lokasi dan langkah apa yang harus dilakukan agar warga yang terdampak aman .  Dijelaskan  tanah retak itu mengancam 11 rumah dengan penghuni sekitar 40 jiwa di RT 02 RW 02. Sementara dibawahnya lagi ada sekitar 7 rumah yakni di RT 02 RW 01 .

Sebenarnya tanah gerak di wilayah tsb sudah lama tapi tidak parah .  Hujan deras yang mengguyur akhir akhir ini menyebabkan tingkat retakan semakin lebar .  Namun begitu, pihaknya belum mengintruksikan warganya untuk mengkosongkan rumahnya .

Hanya saja jika hujan deras datang dimalam hari dengan durasi waktu lama ,maka diminta mengungsi ketempat aman .  Saat ini  juga sudah ada beberapa warga terdampak yang pilih tinggal dirumah saudara karena selalu was was .