Jelajah

Pembersihan Rampung, Jalur Dolopo Ngebel Sudah Dibuka Untuk Roda 2 dan 4

Jalur Dolopo Ngebel akhirnya bisa dilewati kembali mulai Jumat, 9 Desember 2022 kemarin. Ini setelah material longsoran yang sempat menutup akses jalan di dukuh Kayumas desa Ngrogung Ngebel, berhasil dievakuasi sehingga menjadi bersih dan aman dilalui pengguna jalan. 

Butuh waktu 6 hari untuk kegiatan tersebut dimana 2 alat berat berupa ekskavator diturunkan untuk mempercepat penyingkiran tanah dan bebatuan yang menimbun badan jalan itu.

Camat Ngebel Dwi Cahyanto mengatakan, setelah bersih, kemarin pihaknya juga minta BPBD membersihkan sisa lumpur yang menyebabkan jalanan licin. Setelah semua kegiatan beres, jalan resmi dibuka kembali baik untuk roda 2 maupun 4. Selain itu juga ada pembuatan saluran khusus lantaran ada sumber air di sekitar lokasi agar tidak mengikis jalan. 

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan dinas perhubungan untuk pemasangan pagar pengaman di sisi jalan. Diakui jalur Dolopo Ngebel, merupakan akses penting  untuk  aktivitas warga baik sekolah, kerja hingga pariwisata.

Selain jalur menuju kawasan obyek wisata telaga Ngebel dari arah Madiun, di desa Ngrogung sendiri memiliki potensi wisata yang sudah dikenal yakni kampung durian.