Periodisasi Anggota PPK Dan PPS Pada Pemilu 2024 Tidak Lagi Dibatasi

Tak ada lagi batasan periodesasi untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tahun ini .  Mereka yang telah menjabat PPK beberapa periode diberikan  masih diberi kesempatan mendaftar kembali PPK .  Seperti yang dikatakan Gaguk Ika Prayitna Plh Ketua KPU Ponorogo Aturan terbaru itu berbeda dengan sebelum-sebelumya, di mana PPK dibatasi maksimal dua periode jabatan .


Tidak ada syarat khusus, siapapun dapat melakukan pendaftaran, kecuali  bagi TNI, dan Polri .  Hanya saja, ada perubahan pada syarat usia yakni minimal 17 tahun dan maksimal 55 tahun .  Lanjut Gaguk, Besaran honorarium PPK telah ditetapkan KPU RI mendasar keputusan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) .  Untuk honorarium posisi ketua PPK sebesar Rp 2,5 juta per bulan, sementara anggota Rp 2,2 juta per bulan .  Sedangkan untuk jaminan ketenagakerjaan masih direncanakan oleh pimpinan .

Gaguk menjelaskan total PPK yang akan dilantik nantinya berjumlah 105 . Perinciannya, ada lima PPK di tiap kecamatan yang ada di kabupaten ini .  PPK tersebut bertugas menjadi kepanjangan tangan KPU setempat pada pemilihan legislatif (pileg) 2024 mendatang .

Adapun masa jabatan PPK terhitung sejak dilantik Januari 2023 hingga April 2024 .  Masih kata Gaguk,lantaran pelaksanaan pileg dengan pilkada, personil PPK nantinya berbeda. PPK untuk pelaksanaan pileg dilantik lebih dahulu .  Dalam perjalannya, pihaknya turut membuka rekrutmen kembali PPK untuk pelaksanaan pilkada .