HeadlineJelajah

Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Gelar Pasar Pangan Murah Berkualitas di Halaman Kantor Kecamatan Pulung

Dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan, Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DIPERTAHANKAN) Pemkab Ponorogo menggelar Pasar Pangan Murah berkualitas di halaman kantor Kecamatan Pulung,  Rabu 9 November 2022 mulai jam 09.00 WIB. Berbagai macam kebutuhan bahan pokok dijual dibawah harga pasar, dari beras, gula pasir, minyak goreng, daging ayam, telur ayam, cabe, dan bawang. Selain itu DIPERTAHANKAN juga menggandeng Kelompok Tani Wanita (KWT) untuk menjual produk pertaniannya seperti empon empon.

Sumarno, Kabid Ketahanan Pangan mengatakan acara tersebut didukung Dinas Pertanian Ketahanan Pangan tingkat Provinsi Jawa Timur, Kecamatan Pulung serta Bulog. Kegiatan Gelar Pangan Murah Berkualitas ini dilaksanakan dengan tujuan menyediakan bahan pangan yang murah dan berkualitas untuk masyarakat, mempermudah akses pangan bagi masyarakat, mempengaruhi harga pasar agar tidak terlalu fluktuatif, dan menjaga stabilitas harga pangan di tingkat konsumen.

Pada Gelar Pangan Murah Berkualitas ini dijual beberapa bahan pokok yakni beras medium seharga Rp 42.500/5 kg, beras premium Rp 56.000/5 kg, gula pasir seharga Rp 12.500/kg, minyak kita seharga Rp 12.500/pcs (1liter), telur ayam seharga Rp 24.000/kg, bawang putih Rp 18.000/kg, bawang merah Rp 27.000/kg, cabe merah Rp 6.000/0.25kg. Adapun dipilihnya Kecamatan Pulung, lantaran dinilai wilayah rawan pangan dan juga stunting.

Lebih lanjut dikatakan, karena harga dibawah pasar, otomatis antusiasme warga sangat besar untuk bisa berbelanja dalam pasar pangan murah berkualitas. Karenanya pihak kecamatan minta bisa diagendakan rutin dengan tempat berbeda yang lebih menjangkau daerah daerah pinggiran.