Dinilai Ingkar Janji, Warga Jenangan Blokade Jalur Menuju Tambang Ngebel

Tagih janji, puluhan warga Jenangan terpaksa memblokade jalur menuju tambang, Senin 7 November 2022. Mereka mencegat truk-truk tambang yang lewat di pertigaan Jenangan Kesugihan arah Ngebel agar putar balik. Toni Ahmadi, Kepala Desa Jenangan membenarkan aksi warganya tersebut karena kecewa dengan pihak penambang. Sebelumnya sudah ada kesepakatan, mereka siap memperbaiki jalan rusak di 3 wilayah yakni Plalangan, Jimbe dan Jenangan. Namun sejak 3 minggu terakhir, kegiatan perbaikan berupa penambalan jalan terhenti di wilayah Plalangan saja, sementara untuk Jimbe dan Desanya sama sekali belum tersentuh.


Warga sudah berusaha komunikasi lagi dengan penambang namun hanya diberi janji- janji sehingga akhirnya melakukan aksi tersebut. Semua truk dilarang melakukan aktivitas penambangan sebelum jalur rusak yang dilewati mereka selama ini di perbaiki.

Kades menambahkan jika pihaknya menjamin aksi tersebut tidak anarkis. Hingga akhirnya,  pihak penambang bersedia melaksanakan kembali upaya perbaikan jalan dan rencananya akan dilakukan minggu ini.