Jelajah

Kemenag Ponorogo Himbau Umat Muslim Gelar Khusuf Alqamar

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Ponorogo menghimbau kepada seluruh umat islam menggelar Shalat Khusuf atau shalat gerhana di hari bakal terjadinya gerhana bulan total pada Selasa, 8 November 2022.

Hayat Prihono Wiyadi, Kasi Bimas islam kantor kementerian agama Ponorogo mengatakan shalat gerhana bulan yang jatuh pada malam 14 Rabiul Akhir 1444 Hijriah. Disunahkan untuk umat muslim agar melaksanakan shalat gerhana.

Meski belum ada instruksi resmi dari pusat melalui surat edaran tapiĀ  pihaknya sudah minta ormas maupun takmir masjid menyampaikan kepada warga untuk melaksanakan shalat gerhana. Dijelaskan jika dilihat dari perhitungan atau hisabnya, awal gerhana jatuh pada pukul 17.16 WIB sedangkan maghrib 17.33 WIB.

Sehingga sholat khusuf alqamar bisa langsung dilakukan setelah sholat maghrib, sangat memungkinkan untuk dilaksanakan secara berjamaah. Apalagi akhir gerhana bulan jam 18.41 WIB. Selain sholat ketika terjadi gerhana bulan umat muslim dianjurkan memperbanyak zikir, doa, istighfar, taubat, sedekah, dan amal-amal kebajikan lainnya.

Ditambahkan tuntunan syariat yang mulia ketika terjadi gerhana matahari maupun gerhana bulan, salah satunya Menghadirkan rasa takut kepada Allah SWT saat terjadinya gerhana matahari dan bulan. Karena peristiwa tersebut mengingatkan kita akan tanda-tanda kejadian hari kiamat, atau karena takut azab Allah diturunkan akibat dosa-dosa yang dilakukan.