Karang Taruna Jarak Siman, Open Donasi Untuk Gerobak Bakul Cilok Kelliling Yang Terbakar

Kepedulian para pemuda desa Jarak Siman Ponorogo terhadap warga yang  tertimpa musibah, patut diacungi jempol. 2 karang taruna yakni Panca Bhakti dan Muda Karya melakukan open donasi terhadap mbah Adang warga setempat.


Lansia 70 tahun yang sehari-hari berjualan cilok keliling itu tak bisa bekerja lagi menyusul gerobaknya terbakar. Ceritanya Dah Ifriyan Purwidya, ketua karang taruna desa Jarak, Senin sore, 19 September 2022 sekitar jam 17.00 WIB. Saat hendak melayani pembeli, tiba-tiba muncul percikan api dari kompor gas yang berada di bawah gerobak. 

Kemudian api terus menyambar bagian gerobak lainnya yang terbuat dari triplek tersebut. Karena takut ada ledakan gas, warga yang mengetahui tak berani menolong sehingga gerobak akhirnya tinggal kerangkanya saja, dan dagangannya juga ludes dilalap sijago merah. 

Kuat dugaan, selang tabung gas bocor mengingat ada yang sempat mencium bau elpiji 3 kg tersebut. Merasa iba dengan musibah mbah Adang akhirnya para pemuda yang tergabung dalam 2 karang taruna sepakat membuka open donasi.

Hasilnya luar biasa, dimana banyak yang menyisihkan rejekinya untuk  membelikan gerobak baru. Sampai hari terakhir dibuka donasi, sudah terkumpul belasan juta rupiah yang nantinya akan disalurkan dalam bentuk uang.

Mbah Adang merupakan warga Jawa Barat dan selama di Jarak Siman ngontrak rumah bersama 3 orang anaknya. Semuanya memiliki usaha cilok  keliling.