Ekonomi BisnisHeadlineJelajah

Peluang Pasar Besar, Wapres Ma’ruf Amin Dorong Budi Daya Pisang Cavendish Dikembangkan di Seluruh Desa

Kunjungan kerja Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin ke Ponorogo Rabu (30/3/22), diawali dengan panen pisang cavendish di Desa Pulung Kecamatan Pulung. Di hadapan wartawan RI 2 itu mengatakan, peluang pasar pisang cavendish cukup besar termasuk merambah pasar ekspor.

Ponorogo merupakan salah satu kabupaten yang ditunjuk pilot project, dan telah bermitra dengan perusahaan. Karenanya pemerintah mendorong masyarakat pedesaan memanfaatkan lahan pertaniannya dengan bertanam pisang cavendish.

Jika berhasil mengembangkan, diyakini bisa meningkatkan kesejahteraan  hidupnya, sebab dibangun kemitraan antara pemerintah, pemerintah daerah, dan juga lembaga lembaga keuangan perbankan atau LPDB lembaga pengelola dana bergulir.

Bahkan juga dari Baznas yang ikut memberikan bantuan permodalan dalam rangka pengembangan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Selain berkunjung ke Pulung melakukan panen raya pisang cavendish. KH Ma’ruf Amin juga berkunjung ke pendopo agung untuk melihat pameran UMKM. Dilanjutkan ke Ponpes Wali Songo Ngabar Siman untuk meresmikan gedung sekolah. (yd/rl)