Masih PPKM Level Dua Dinas Pendidikan Ponorogo Belum Berlakukan PTM Seratus Persen

Dinas Pendidikan belum bisa menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen pada semester genap tahun ini. Hal itu karena sebaran covid-19 di Kabupaten Ponorogo masih level dua.


Kata Soiran Kabid SMP Dinas Pendidikan Ponorogo berdasarkan keputusan empat Menteri dan Inmendagri, kalau daerah yang masih level 2, hanya bisa melaksanakan PTM terbatas maksimal 50 persen dari kapasitas. Kecuali di sekolah tersebut jumlah muridnya sedikit, bisa memasukkan semua siswanya.

Capaian vaksinasi di Ponorogo turut mempengaruhi kebijakan pelaksanaan PTM. Saat ini vaksinasi lansia lah yang belum mencapai 60 persen. Terkait teknis pelaksanaan PTM, pihaknya mengaku menyerahkan hal itu ke pihak sekolah. Yang pasti sesuai petunjuk, sama dengan pelaksanaan PTM sebelumnya di mana jam belajar 4 jam dalam sehari. Pihaknya juga memastikan setiap sekolah sudah memiliki sarana penunjang prokes yang memadai.

Terkait pengawasan di setiap sekolah sudah memiliki pengawas pembina yang akan selalu melakukan evaluasi dan monitoring serta pendampingan. Tapi jika ada sekolah yang membandel melanggar aturan SKB 4 menteri dan Inmendagri, maka harus siap mendapatkan sanksi. (rl)