Jelajah

Ratusan Pengunjung Telaga Ngebel Kecele, Kendaraan Harus Putar Balik

Pintu masuk telaga Ngebel dijaga ketat oleh petugas dinas pariwisata dan kepolisian sejak tanggal 1 Januari 2022, mulai jam 8 hingga jam 15.00 WIB. Akibatnya, ratusan wisatawan harus kecele dan putar balik tidak bisa menikmati lokasi wisata andalan Ponorogo tersebut. 

Kondisi tersebut dibenarkan Irfan, salah satu petugas di loket pintu masuk telaga, dimana sejak Sabtu kemarin, ratusan kendaraan baik roda dua hingga empat, harus dipaksa putar balik. Sebenarnya sudah dipasang pengumuman dan informasi di grup-grup media sosial, telaga Ngebel tutup, namun mereka tidak percaya. Untuk meyakinkan, mereka datang sendiri ke lokasi dan akhirnya harus kecewa. 

Ditutupnya wisata telaga Ngebel, memang untuk mencegah potensi kerumunan masyarakat karena masih di era pandemi. Selain itu, ada perbaikan jalan berlubang pasca jebolnya selokan beberapa waktu lalu. Sementara rata-rata pengunjung yang datang, selain masyarakat lokal juga dari luar daerah seperti Madiun, Trenggalek dan Tulungagung.

 Meski ada yang mengaku warga Ngebel yang ingin mengunjungi saudaranya, tapi petugas tidak percaya begitu saja. Petugas yang berjaga sudah hapal mana yang penduduk asli Ngebel dan mana yang pendatang.