Libur Tahun Baru, Legislatif Ingatkan Perketat Kegiatan Antisipasi Kenaikan Kasus Covid 19

Menjelang hari Raya Natal dan tahun baru 2022 DPRD Ponorogo mewanti-wanti Pemkab Ponorogo agar menerapkan pembatasan untuk menekan angka penularan Covid-19. Seperti yang disampaikan Dwi Agus Prayitno Wakil Ketua DPRD Ponorogo, meskipun kebijakan penerapan PPKM saat Nataru hingga kini belum jelas tak ada salahnya Pemkab Ponorogo sudah ancang-ancang mempersiapkan penyekatan tersebut. 


Hal ini diperlukan karena melihat penerapan protokol kesehatan masyarakat sudah mulai kendor karena melihat Covid-19 yang melandai, padahal menurutnya masyarakat tidak boleh lengah karena pandemi belum benar-benar hilang dari Ponorogo. Lanjut Dwi Agus, Pada perayaan Nataru ini, Satgas Penanganan Covid-19 Ponorogo harus memperhatikan pelaksanaan ibadah Natal Umat Kristiani agar tetap bisa berjalan dengan khidmat namun tetap menjaga protokol kesehatan, apalagi saat ini munculnya varian omicron sehingga harus siaga. 

Selain penyekatan, hal yang tidak kalah penting adalah dengan menggenjot capaian vaksinasi Covid-19 yang tergolong masih rendah, Dwi Agus mengungkap Pemda harus mengejar vaksinasi khususnya Lansia. Dengan dua kali vaksin itu diharapkan tingkat ketahanan dan kekebalan tubuh akan muncul, sedangkan yang tidak kalah penting, Pemkab Ponorogo juga harus mengantisipasi adanya euforia masyarakat yang menyambut datangnya tahun baru dengan berbagai perayaan yang menimbulkan kerumunan terutama di fasilitas umum serta destinasi wisata.