Dishub Lakukan Survei ke Sekolah-sekolah Prepare Beroperasinya ACS Tahun Depan

Dinas Perhubungan Pemkab Ponorogo langsung melakukan survei ke sejumlah sekolah, untuk persiapan beroperasinya lagi angkutan cerdas sekolah (ACS) tahun depan.


Suwanto Kepala Bidang Angkutan Dishub Ponorogo mengatakan, langkah itu  dilakukan untuk mengetahui secara pasti data siswa yang nantinya akan menggunakan jasa layanan ACS. Dengan begitu,  akan diketahui pasti   armada yang dibutuhkan dan rute yang akan dilalui ACS.

Adapun beberapa sekolah yang saat ini masuk dalam pendataan seperti SMP 1, 2, 3, 4, 5, 6 Ponorogo, SMP 1 Jetis, MTs Jenangan dan MTs Jetis. Serta beberapa sekolah lain yang sekiranya memiliki banyak siswa dari beberapa kecamatan yang dulunya dilalui oleh trayek ACS. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan unit layanan pengadaan (ULP) untuk pengelolaan ACS. 

Suwanto mengungkapkan dengan anggaran sebesar Rp894 juta tersebut maka jika melihat pada tahun 2020 akan dapat digunakan untuk membiayai 43 ACS selama kurang lebih enam sampai tujuh bulan. Namun jika memang pada 2022 ada banyak hari libur maka anggaran tersebut dapat digunakan untuk operasional ACS selama delapan bulan lebih.

Seperti informasi sebelumnya Pemkab akhirnya menganggarkan alokasi dana untuk ACS menyusul banyaknya permintaan dari masyarakat. Banyak kasus lakalantas yang melibatkan kalangan pelajar, sehingga akan menjadi solusi disaat pelajar dibawah umur dilarang membawa kendaraan motor ke sekolah. (yd/rl/ab)