Jelajah

Teka-Teki Lokasi Sirkuit Balap di Ponorogo Akhirnya Terjawab

Teka-teki lokasi pembangunan sirkuit motor di Ponorogo terjawab, yakni bersebelahan dengan Taman Wengker, kelurahan Cokromenggalan, Ponorogo. Pembiayaan awal senilai Rp 2 miliar sudah teranggarkan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (R-APBD) 2022.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko mengatakan Proses pembangunannya bertahap. Minimal proses nguruk tanah dulu. Pemilihan lokasi lintasan balap motor di utara Wengkar park itu menurut kang giri ingin menumbuhkan sumbu ekonomi di setiap wilayah. Pasalnya kecamatan lainnya sudah memiliki kawasan yang menjadi penunjang perekonomian.

Ia mencontohkan Ngebel, dengan keindahan telaga hingga menjadi jujukan wisatawan. Maka dengan Adanya sirkuit diharapkan dapat menunjang ekonomi warga sekitar. Apalagi, pihaknya bakal memoles Taman Wengker, dimana nantinya ada mini zoo dengan beraneka satwa. Ia tidak ingin membangun sirkuit tanpa mampu mendatangkan pendapatan asli daerah PAD. Sehingga lintasan balap itu terintegrasi dengan Taman Wengker.

Ide pembangunan sirkuit setelah maraknya balap liar di Ponorogo. Pelaku balap liar ternyata didominasi kalangan pelajar. Mereka selama ini kerap memanfaatkan penggal Jl. Suromenggolo untuk adu cepat naik motor . Beberapa waktu lalu Polisi mengamankan puluhan pelaku balap liar.

Kang Giri berharap akan muncul pembalap profesional dari sirkuit itu nantinya dan ikut menekan angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar.