Jelajah

Mulai Marak Beroperasi, Satlantas Akan Kembali Tertibkan Bentor

Jajaran Satlantas Polres Ponorogo akan kembali menertibkan becak motor – bentor, yang dinilai mulai marak berseliweran di dalam kota. Ipda Bagus Sulistyono, Kanit Kamsel Satlantas mengatakan, untuk tahap awal pihaknya masih melakukan himbauan dan teguran agar mereka tidak beroperasi dan kembali ke becak kayuh. Jika himbauan tersebut tidak diindahkan, maka terpaksa akan dilakukan tindakan tegas berupa tilang. 

Lebih lanjut dikatakan beroperasinya becak motor, selain melanggar Undang-undang juga sangat membahayakan baik bagi pengendara maupun penumpangnya. Perpaduan atau modifikasi motor dan becak, tidak sesuai dengan spesifikasi pabrik, sehingga jika terjadi kecelakaan lalu lintas, tidak dijamin oleh Jasa Raharja. 

Minggu ini sudah dilakukan patroli, dan mendapati ada 9 bentor yang beroperasi di jalan-jalan wilayah perkotaan seperti jalan Sukarno Hatta, dan Jalan Arif Rahman Hakim. Mereka ada yang membawa penumpang, ada juga yang mangkal. Harapannya, para pengendara bentor mau kembali ke becak kayuh yang lebih menjamin keselamatan dan dilindungi Undang-undang. Apalagi sebelumnya sudah ada kesepakatan antara paguyuban dengan Polres, mereka tidak akan beroperasi di jalanan.