Jelajah

Kejadian Bencana Alam di Awal Musim Penghujan, Tujuh Rumah Rusak

Di awal musim penghujan, sudah banyak kejadian bencana alam di Ponorogo. Data yang disampaikan Setyo Budiono, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD, selama Oktober dan awal November, sebanyak tujuh (7) rumah dan satu (1) lembaga pendidikan rusak akibat angin putih beliung dan tanah longsor. Lokasi kejadian di Kecamatan Jenangan, Babadan, Sawoo dan juga Ngebel.

Masih kata Budi, prediksi intensitas hujan akan meningkat setidaknya 20%. Sehingga, masyarakat diminta waspada, apalagi bila di sekitar rumahnya ada pohon besar. Selain itu, konsidi rantingnya bila tidak di potong, sewaktu terjadi angin puting beliung akan berpotensi patah atau tumbang. Pihaknya juga meminta masyarakat di sekitaran perbukitan yang berpotensi longsor untuk waspada jika hujan deras dengan durasi panjang, maka diminta untuk mencari tempat yang aman.

Lanjut Budi, pengecekan tempat tinggal atau rumah juga dilakukan agar tahu mana bagian rumah yang sudah rusak agar tidak roboh saat musim hujan seperti sekarang ini. Pasalnya, diprediksi puncak musim hujan terjadi pada awal Januari mendatang.