Lakalantas yang Melibatkan Pelajar Meningkat di Bulan Oktober

Angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar di kawasan Ponorogo pada bulan Oktober 2021 meningkat dibanding bulan sebelumnya. Berdasarkan data di Satlantas Polres Ponorogo, pada bulan September, ada 4 kasus kecelakaan lalu lintas dengan korban luka 6 orang,  meninggal dunia nihil. Sementara di bulan Oktober, ada 20 kejadian, 23 orang luka dan 3 meninggal dunia. Ipda Bagus Sulistiono, Kanit Keamanan dan Keselamatan ( Kamsel )Satlantas Polres Ponorogo mengakui tren laka meningkat drastis dibanding bulan lalu.


Pasalnya pelajar mulai masuk meskipun belum PTM ( Pertemuan Tatap Muka) secara maksimal. Faktor penyebab kecelakaan lalu lintas rata-rata adalah human error. Untuk menekan angka kecelakaan tersebut, pihaknya sebenarnya sudah melakukan sosialisasi ke pihak sekolah, baik dalam kota maupun sekolah di luar kecamatan Kota. Hanya saja masih banyak siswa yang membandel dan nekat. Masih kata Ipda Bagus, pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas perhubungan agar ada angkutan gratis untuk siswa untuk pulang pergi seperti sebelum pandemi covid 19. Pihaknya pun meminta orang tua untuk mengawasi anaknya agar tidak menaiki kendaraan sendirian untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

Sekedar informasi, angka kecelakaan secara umum pada Oktober yakni 78 kasus kecelakaan, 6 meninggal dunia, 113 orang mengalami luka-luka. Sementara untuk September yakni 51 kasus kecelakaan, 4 meninggal dunia dan 80 luka-luka.