HeadlineJelajah

Hearing Dengan Komisi B Dan Instansi Terkait, Peternak Ayam Petelur Mengaku Lega

Kalangan peternak ayam petelur di Ponorogo sedikit lega . Setidaknya,  tuntutannya telah didengar  pemkab bahkan  dijanjikan akan  ditindak lanjuti .  Selasa, 28 September dilakukan   audiensi komisi B DPRD dengan perkumpulan peternak ayam petelur Ponorogo-PPAPP melibatkan dinas terkait .

Eni Kustianingsih ketua Perkumpulan Peternak Ayam Petelur Ponorogo ( PPAPP) mengatakan ada 10 poin tuntutan yang disampaikan diantaranya,  adanya perbup untuk setiap program pemerintah agar memakai produk lokal , perbub perlindungan umkm, dan Stabilitas harga telur lokal . Selain itu ,  Keterlibatan bulog untuk Menstabilkan harga jagung bagi peternak lokal hingga diperbolehkannya  bazar telur ditempat wisata dan disekitaran alun alun minimal seminggu sekali .

Sementara Ribut Riyanto , ketua komisi B DPRD , tuntutan kalangan peternak ayam petelur sudah ditampung dan segera dikoordinasikan dengan ekskutif . Untuk jangka pendek yang siap dilaksanakan adalah serapan untuk program BPNT bulan Oktober . Pihaknya memahami kesulitan kalangan peternak dengan anjloknya harga tersebut ,sehingga dinas terkait khususnya perdakum dan dinas pertanian menindak lanjuti apa yang menjadi usulan kalangan peternak .

Seperti diketahui sejak sebulan terakhir , kalangan peternak ayam petelur banyak yang bangkrut , menyusul jatuhnya harga telur . Mereka banyak yang tak bisa melanjutkan usaha ,ditengah kenaikan harga pakan sehingga rugi .  Mereka yang masih bertahan , akhirnya sepakat menjualnya langsung ke konsumen dengan cara demo bazar didepan gedung DPRD .  Dari kegiatan itulah, akhirnya kalangan wakil rakyat turun tangan untuka mencarikan solusi .