Jelajah

ODGJ Cantik, Aina Eka Rina, Asal Lereng Wilis Ngebel, Mulai Normal

Masih ingat dengan ODGJ cantik, asal dukuh Keleng desa Ngebel Ponorogo, Aina Eka Rina. Ya, gadis 20 an tahun  tersebut kondisinya semakin membaik dan mulai normal layaknya perempuan pada umumnya. Sejak 1,5 bulan lalu, ODGJ yang sempat viral di medsos itu, berada di rumah terapi jiwa desa Paringan Jenangan. Tajib, pendamping sosial Aina alias Rina, mengatakan meski sudah hampir pulih ingatannya namun terus dalam pengawasan. Karenanya untuk sementara belum dikembalikan ke orang tuanya, sebab dikhawatirkan kambuh kembali.

Pemberian obat-obatan juga masih dilakukan di bawah dokter spesialis jiwa di Ponorogo, bahkan dosisnya pun belum diturunkan. Hanya saja dibanding saat dipasung di kamar rumahnya dulu, kondisi kejiwaannya sekarang sudah stabil. Yang bersangkutan sudah bisa membantu pekerjaan rumah terapi jiwa milik pak Heru itu. Pihaknya selalu berkomunikasi dengan Rina, dan selalu menyampaikan ingin meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Meski sudah nyaris pulih, Aina alias Rina belum diperbolehkan memegang handphone. Meski dirinya sangat cerdas dan pandai mengoperasionalkannya. Pernah meminjam HP milik rumah terapi jiwa, namun justru untuk belanja online dengan sistem COD. Untungnya kata Tajib, pihaknya berhasil membatalkan semua transaksi. Rina juga pandai menyanyi, dan membuat cerita. Jika diajak obrol sangat aktif dan komunikatif. Pihaknya yakin dengan pendampingan yang baik, pengawasam dan pemberian obat secara rutin, Aina bisa sembuh total dan hidup normal di masyarakat.

Sebelumnya, ODGJ cantik asal lereng Wilis tersebut sempat viral di media sosial. Selain berparas ayu, kisah hidupnya sangat menyentuh sebelum berakhir dalam pasungan. 4 tahun lalu, Rina alias Aina diketahui pingsan dan tak ingat apapun. Ada indikasi, jiwanya terganggu karena masalah percintaa. Padahal dia merupakan pelajar berprestasi saat sekolah Di SMAN 1 Jenangan.