Tikus Serang 7 Hektar Tanaman di Ngemplak Sawo, Petani Siap Lakukan Gropyokan

Para petani di desa Ngemplak Sawo siap-siap perang terhadap tikus. Sesuai agenda, dalam minggu ini akan dilakukan gerakan serentak berupa pengemposan atau pengasapan untuk mengendalikan hewan pengerat tersebut. 


Marsanto, petugas OPT Kecamatan Sawoo kepada gema surya mengatakan pihaknya sudah turun ke lokasi dan mendapati tingkat serangan tikus cukup parah. Tikus tidak hanya menyasar tanaman jagung yang berusia 35 hari namun juga kacang tanah dan ketela. Kalau dihitung luas serangan mencapai 5 hingga 7 hektar. Yang menjadi sasaran, tanaman jagung yang tanam belakangan sebab yang usianya sudah 60 hari, justru aman. 

Karena itu gerakan pengendalian harus dilakukan dengan melibatkan seluruh kelompok tani. Pasalnya jika gerakan pengemposan, dilakukan sendiri-sendiri tidak akan maksimal. Untuk itu, semua kelompok tani akan berkumpul dan mensosialisasikan ke anggota masing-masing untuk bisa ikut dalam gropyokan tersebut. Biasanya tikus akan muncul lagi disaat tanaman jagung sudah muncul janten. Sebelum hal itu terjadi, mau tak mau, pengendalian harus dilakukan untuk mencegah kerugian yang lebih besar lagi.