Bayar PBB di Desa Tatung Balong Dapat Hadiah Langsung

Langkah kreatif dan inovatif dilakukan pemerintah Desa Tatung, Balong dalam penarikan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) ke warganya. Jika sejumlah desa selalu opyak-opyak wajib pajaknya untuk segera bayar dengan berbagai ultimatum, di desa yang dipimpin Rudi Sugiharto tersebut justru mengiming-iminginya dengan reward.


Setiap wajib pajak yang membayar PBB sebelum deadline mendapatkan hadiah langsung. Kepada gema surya, Kades Rudi menuturkan, jika kebijakan tersebut sudah diterapkan sejak tahun 2015 lalu. Namun saat itu, hadiahnya diundi setiap tahun, yakni sepeda motor. Namun, sejak 2019 dirubah untuk pemerataan. Biar nilainya sedikit namun setiap wajib pajak yang membayar PBB ,mendapatkan hadiah langsung. Hadiahnya rata-rata berupa peralatan rumah tangga yang disesuaikan dengan nominal jumlah PBB yang dibayar.

Diakui, jika sebelum diberlakukan reward, wajib pajak diwilayahnya enggan membayar PBB. Mereka sering menunda sambil menunggu deadline akhir Agustus. Namun sejak ada reward, warga antusias. Sehingga, pada bulan Mei tingkat capaian pembayaran PBB sudah mencapai 95%. Diwilayah Tatung, Balong sendiri ada sekitar 700 wajib pajak. Saat disinggung soal anggaran, Rudi mengatakan bahwa telah diambilkan dari dana bagi hasil pajak antara Pemkab dan Pemerintah Desa (Pemdes) yang nilainya sekitar Rp. 15.000.000,00.