Setahun Pandemi, 75 Perawat di Ponorogo Terkonfirmasi Covid-19, 1 Diantaranya Meninggal Dunia

Setahun pandemi corona di Ponorogo, sudah ada 75 perawat yang terkonfirmasi Covid-19, satu orang diantaranya meninggal dunia. Kondisi seakan menjadi kado pahit bagi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Ponorogo memperingati hari jadinya ke 47, Rabu (17/3/21).


Edi Kusnanto, Ketua Pengurus PPNI Kabupaten Ponorogo mengatakan masa pandemi seakan menjadi tugas sekaligus tantangan berat bagi perawat,  karena merupakan garda terdepan dalam menangani pasien. Untungnya di tengah perjuangan menghadapi sekaligus melawan Covid-19, pemerintah sudah mulai memperhatikan kesejahteraan tenaga kesehatan (nakes).

Lebih lanjut dikatakan, 75 orang yang terkonfirmasi positif tersebut terpapar Covid-19 dimungkinkan saat bertugas. Padahal sesuai SOP mereka sudah menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Bisa jadi mereka terpapar Covid-19 saat imunitas turun.

Lanjut Edi, pihaknya lega perawat yang terdaftar di organisasinya sudah divaksinasi pada tahap pertama kemarin. Pihaknya juga memastikan perawat yang bertugas di fasilitas kesehatan sudah di vaksinasi semua yang belum divaksinasi mereka yang terpapar Covid-19 belum ada 3 bulan. (yd/rl)