Banyak Daerah Terapkan PPKM Jawa Bali pada 11-25 Januari 2021 nanti, Kalangan Pengusaha Perjalanan Kembali Dirugikan

Sejumlah pengusaha tour dan travel merasa dirugikan dengan adanya kebijakan PSBB Jawa-Bali yang akan diterapkan mulai Senin (11/1/2021) nanti. Sempat mulai pulih, ekonomi perusahaan kembali terganjal dengan adanya kebijakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat PPKM Jawa Bali pada 11-25 Januari 2021 nanti tersebut di sejumlah daerah.


Keluhan itu salah satunya diungkapkan oleh Suwito, pemilik jasa tour dan travel di wilayah Badegan merasa dirugikan dengan kebijakan tersebut,  karena banyak calon klien yang akhirnya membatalkan atau mengubah jadwal wisata yang sudah direncanakan.

Sebenarnya usahanya sudah berusaha mulai pulih dengan kebijakan new normal beberapa waktu lalu, namun akhirnya ambyar. Suwito berharap pemerintah dapat melibatkan beberapa asosiasi pengusaha di beberapa sektor sebelum menentukan kebijakan. Sehingga kebijakan pemerintah pusat yang dinilai sering berubah tidak mematikan sektor ekonomi yang sedang diperjuangkan masyarakat.

Lebih lanjut diakui, sejak Desember kemarin sudah banyak yang membatalkan perjalanannya karena takut mendapat masalah. Dari 14 unit armada yang dimiliki, praktis 80 persennya sudah tidak jalan lagi. Rata-rata yang membatalkan perjalanannya seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, dan Jakarta. Untuk tujuan Bali, selama ada pandemi justru sepi order. (rl)