Bawang Merah Mulai Turun, Tomat dan Cabai Berlomba-Lomba Naik

Harga bumbu dapur terus mengalami fluktuasi harga sejak beberapa pekan terakhir, informasi yang diterima gema surya dari Munif salh satu pedagang dia Pasar Sumoroto, ada komoditas yang harganya mulai turun namun ada yang berlomba-lomba naik. 


Harga bumbu dapur yang mulai turun adalah bawang merah dari Rp35.000 kini anjlok tinggal Rp25.000, namun yang sebelumnya sempat anjlok dan kini terus merangkak naik adalah cabai merah dan tomat. Bila harga cabe merah yang sebelumnya mencapai Rp33.000 kini meroket hingga Rp46.000, tomat yang sebelumnya Rp8000 menjadi Rp12.000 di tingkat pengecer, tak ketinggalan harga terong yang awalnya murah meriah, kini juga sudah naik, dari yang sebelumnya hanya Rp2000 per kg sekarang menjadi Rp4500 per kg nya, bahkan kata Munif harganya akan terus naik hingga Maret nanti sebab petani sudah banyak beralih ke tanaman padi karena saat ini sudah memasuki musim penghujan.

Naiknya sejumlah bumbu dapur dan sayuran tersebut karena barang dipasaran menipis, permintaan naik, sementara di tingkat petani untuk lombok dan tomat saat ini masih baru tanam.