Harta Kekayaan Ipong 38 M, Sugiri 5 M

Daftar kekayaan masing – masing Calon Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo sudah diumumkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Berdasarkan data dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diakses dari situs resmi KPK. Untuk Pilkada Ponorogo, Calon Bupati Sugiri Sancoko memiliki harta kekayaan Rp 5 Miliar. Sedangkan pasangannya, Lisdyarita memiliki harta kekayaan Rp 13 miliar. Sementara Calon Bupati Ipong Muchlissoni memiliki harta kekayaan Rp 38 miliar. Sedangkan pasangannya Bambang Tri Wahono memiliki kekayaan Rp 2,9 Miliar. Meski pertahanan Ipong meski memiliki kekayaan tertinggi dari calon namun yang bersangkutan mempunyai hutang 6,4 Milyar.


Arwan Hamidi Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPUD Kabupaten Ponorogo mengatakan salah satu syarat pendaftaran calon ada dokumen tanda terima laporan LHKPN. Semua paslon sudah menyerahkan menyerahkan tanda terima saat pendaftaran kemarin.

Lanjut Mamiek sapaannya, LHKPN yang dilaporkan merupakan pelaporan harta kekayaan tahun 2019, artinya sejak Januari hingga Desember 2019. Selain itu kewajiban lain paslon adalah dengan mengumumkan hasil kekayaan kepada masyarakat paling lambat dua hari sebelum pencoblosan. Berdasarkan aturannya di PKPU, paslon paling lambat mengumumkan dua hari sebelum pemungutan suara dengan difasilitasi KPU. Namun jika paslon berhalangan hadir, KPU bisa membantu mengumumkan. Sebab, jika tidak diumumkan bisa dikenakan sanksi administrasi sehingga pihaknya mendorong paslon untuk mengumumkan.